CONTOH CRITICAL SUCCESS FAKTOR
Objektif
/ Goal
|
Kandidat
Critical Success Faktor
|
Mendapatkan pangsa pasar lokal 25%
|
·
meningkatkan daya saing terhadap toko-toko
lokal lainnya
·
menarik cutomers baru
|
Meraih pasokan baru dari “farm to customer” dalam
24 jam untuk 75% dari produk
|
mempertahankan hubungan bagus dengan pemasok lokal
|
Mempertahankan tingkat kepuasan pelanggan 98%
|
mempertahankan staf dan mengikuti pelatihan yang
berfokus pada pelanggan
|
Memperluas jangkauan produk untuk menarik lebih
banyak pelanggan
|
Sumber produk baru secara lokal
|
Memperluas ruang toko untuk mengakomodasi produk
baru dan pelanggan
|
·
Pembiayaan aman untuk ekspansi
·
Mengelola tempat kerja dan tiap gangguan pada
bisnis
|
Penerapan Critical
Success Factors
Criticall Succes Factor di PT.
Global Digital Niaga
PT. Global Digital Niaga (GDN)
merupakan salah satu anak perusahaan yang tergabung dalam grup Djarum yang
didirikan pada tanggal 12 Maret 2010 dengan bidang usaha bergerak di bidang
E-Commerce. Secara struktur di dalam grup Djarum, GDN akan berada dibawah PT.
Global Digital Prima (GDP) yang akan bertindak sebagai holding company bagi
perusahaan–perusahaan baru baik yang didirikan dari awal maupun yang baru
diakuisisi oleh grup Djarum khususnya untuk perusahaan yang bergerak dalam
bisnis media internet. GDN akan mengadopsi model bisnis Third Party Seller dari
Amazon, dimana GDN akan memberikan layanan pembayaran (payment gateway) dan
pengiriman barang (logistic) untuk merchant yang membuka toko online di web GDN
yang dapat diakses pada alamat http://www.blibli.com.
Visi dan Misi GDN adalah sebagai
berikut:
Visi : “To be
TOP OF MIND digital commerce in Indonesia and Having the strongest online brand
with the most loyal and satisfied customers”
Misi : “To
bring in the best e-Commerce experience for a better life”.
Sebagai perusahaan yang belum
lama berdiri (2010), GDN memasuki persaingan yang cukup berat dalam bidang
bisnis yang dijalankannya. Terdapat banyak pesaing yang sudah lebih dulu
menjalankan bisnis dibidang e-commerce, sehingga tidak mudah untuk mencapai
tujuan strategis perusahaan. Dibutuhkan perancangan strategi yang baik agar
visi dan misi perusahaan dapat dicapai dalam target waktu yang ditentukan.
Berikut analisa CSF pada GDN untuk memetakan strategi bisnis yang ada sehingga
diperoleh gambaran internal bisnis GDN. Strategi bisnis ini diturunkan dari
strategy articulation map pada bagian strategy yang ditujukan untuk mencapai
tujuan strategis GDN.
Sumber :
V. Bullen, Christine., F. Rockart, John. 1981. A
Primer on Critical Success Factors. Center for Information System Research,
Sloan School of Management, Massachusetts Institute of Technology:
Massachusetts.
A. Caralli, Richard. 2004. The Critical Success
Factor Method: Establishing a Foundation for Enterprise Security Management.
Carnegie Mellon University: _______
C. Boynton, Andrew., W. Zmud, Robert. 1984. An
Assessment of Critical Success Factors. The University of North Carolina :
_____
V. Bullen, Christine., F. Rockart, John. 1981. A
Primer on Critical Success Factors. Center for Information System Research,
Sloan School of Management, Massachusetts Institute of Technology:
Massachusetts.
W. Pipin. 2012. Perencanaan Strategis Sistem
Informasi pada Institusi endidikan Tinggi menggunakan Analisis Critical Success
Factor. Universitas Diponegoro: SemarangM, Moh. 2011. Indikator Kinerja. http://mohmahsun.blogspot.com/2011/04/indikator-kinerja.html
diakses pada tanggal 27 Maret 2013
S. Fairuz. 2011. Analisis Sistem Informasi-Teknik
Evaluasi Investasi Proyek Teknologi Informasi. http://fairuzelsaid.wordpress.com/2011/03/20/analisis-sistem-informasi-teknik-evaluasi-investasi-proyek-teknologi-informasi/
diakses pada tanggal 27 Maret 2013
http://masker77.blogspot.com/2011/12/metode-dan-teori-analisis-critical.htmldiakses
pada tanggal 27 Maret 2013.
0 comments:
Post a Comment