SELAMAT DATANG DI MUISMANCHUNIAN.BLOGSPOT.COM

Tuesday, November 5, 2013

Contoh Critical Success Faktor

CONTOH CRITICAL SUCCESS FAKTOR


Objektif / Goal
Kandidat Critical Success Faktor
Mendapatkan pangsa pasar lokal 25%
·         meningkatkan daya saing terhadap toko-toko lokal lainnya
·         menarik cutomers baru
Meraih pasokan baru dari “farm to customer” dalam 24 jam untuk 75% dari produk
mempertahankan hubungan bagus dengan pemasok lokal
Mempertahankan tingkat kepuasan pelanggan 98%
mempertahankan staf dan mengikuti pelatihan yang berfokus pada pelanggan
Memperluas jangkauan produk untuk menarik lebih banyak pelanggan
Sumber produk baru secara lokal
Memperluas ruang toko untuk mengakomodasi produk baru dan pelanggan
·         Pembiayaan aman untuk ekspansi
·         Mengelola tempat kerja dan tiap gangguan pada bisnis

Penerapan Critical Success Factors

Criticall Succes Factor di PT. Global Digital Niaga
PT. Global Digital Niaga (GDN) merupakan salah satu anak perusahaan yang tergabung dalam grup Djarum yang didirikan pada tanggal 12 Maret 2010 dengan bidang usaha bergerak di bidang E-Commerce. Secara struktur di dalam grup Djarum, GDN akan berada dibawah PT. Global Digital Prima (GDP) yang akan bertindak sebagai holding company bagi perusahaan–perusahaan baru baik yang didirikan dari awal maupun yang baru diakuisisi oleh grup Djarum khususnya untuk perusahaan yang bergerak dalam bisnis media internet. GDN akan mengadopsi model bisnis Third Party Seller dari Amazon, dimana GDN akan memberikan layanan pembayaran (payment gateway) dan pengiriman barang (logistic) untuk merchant yang membuka toko online di web GDN yang dapat diakses pada alamat http://www.blibli.com.
Visi dan Misi GDN adalah sebagai berikut:
Visi     : “To be TOP OF MIND digital commerce in Indonesia and Having the strongest online brand with the most loyal and satisfied customers”
Misi     : “To bring in the best e-Commerce experience for a better life”.
Sebagai perusahaan yang belum lama berdiri (2010), GDN memasuki persaingan yang cukup berat dalam bidang bisnis yang dijalankannya. Terdapat banyak pesaing yang sudah lebih dulu menjalankan bisnis dibidang e-commerce, sehingga tidak mudah untuk mencapai tujuan strategis perusahaan. Dibutuhkan perancangan strategi yang baik agar visi dan misi perusahaan dapat dicapai dalam target waktu yang ditentukan. Berikut analisa CSF pada GDN untuk memetakan strategi bisnis yang ada sehingga diperoleh gambaran internal bisnis GDN. Strategi bisnis ini diturunkan dari strategy articulation map pada bagian strategy yang ditujukan untuk mencapai tujuan strategis GDN.

Sumber :
V. Bullen, Christine., F. Rockart, John. 1981. A Primer on Critical Success Factors. Center for Information System Research, Sloan School of Management, Massachusetts Institute of Technology: Massachusetts.

A. Caralli, Richard. 2004. The Critical Success Factor Method: Establishing a Foundation for Enterprise Security Management. Carnegie Mellon University: _______

C. Boynton, Andrew., W. Zmud, Robert. 1984. An Assessment of Critical Success Factors. The University of North Carolina : _____

V. Bullen, Christine., F. Rockart, John. 1981. A Primer on Critical Success Factors. Center for Information System Research, Sloan School of Management, Massachusetts Institute of Technology: Massachusetts.

W. Pipin. 2012. Perencanaan Strategis Sistem Informasi pada Institusi endidikan Tinggi menggunakan Analisis Critical Success Factor. Universitas Diponegoro: SemarangM, Moh. 2011. Indikator Kinerja. http://mohmahsun.blogspot.com/2011/04/indikator-kinerja.html  diakses pada tanggal 27 Maret 2013

S. Fairuz. 2011. Analisis Sistem Informasi-Teknik Evaluasi Investasi Proyek Teknologi Informasi. http://fairuzelsaid.wordpress.com/2011/03/20/analisis-sistem-informasi-teknik-evaluasi-investasi-proyek-teknologi-informasi/  diakses pada tanggal 27 Maret 2013  

0 comments:

Post a Comment

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | free samples without surveys